Senin, 01 Oktober 2012

Sejarah Internet Indonesia

Sejarah Internet

Sejarah Internet Indonesia – jika pada postingan sebelumnya membahas mengenai Pengertian Internet maka pada postingan kali ini kita akan membahas mengenai Sejarah Internet Indonesia, terinspirasi dari beberapa tulisan yang ada pada kegiatan di Amatir Radio Club (ARC) ITB pada tahun 1986. Hanya bermodalkan komputer dan pesawat radio, beberapa pemuda ITB, Suryono Adisoemarta,  J. Tjandra Pramudito, Onno W. Purbo, dan Harya Sudirapratama, belajar melalui radio dengan senior amatir radio, yaitu Yos, Robby Soebiakto, dan Achmad Zaini.

   
Robby Soebiakto dikenal sebagai pakar amatir radio, terutama komunikasi data radio paket, kemudian mengarah ke TCP/IP. Teknologi radio paket TCP/IP itu di adopsi oleh teman-teman ITB,LAPAN, BPPT, dan UI, dan kemudian menjadi tumpuan PaguyubanNet pada tahun 1992 sampai 1994.
Sejarah Internet Indonesia
Sejarah Internet Indonesia
Pada tahun 1996, ITB bekerja sama dengan Asia Internet Interconnection Initiatives (AI3) kemudian diberikan bandwidth ke Jepang. Kemudian ditambah dengan sambungan TelkomNet & IIX. Akhirnya ITB mengaitkan jaringan kurang lebih 25 lembaga pendidikan yang ada di Indonesia pada tahun 1997 sampai 1998-an.
   
Jaringan pendidikan lainnya pun terbentuk. Seperti jaringan SMK, yang dibawahi oleh DIKMENJUR. Pada tahun 2006, 4000 lehi sekolah sudah bisa mengakses internet.

Internet Service Provider (ISP)

Ipteknet merupakan Internet Service Provider (ISP) pertama di Indonesia dan beroperasi pada tahun 1994. Kemudian PT IndoInternet (IndoNet) menyusul pada tahun yang sama. IndoNet ini adalah Internet Service Provider (ISP) komersial yang pertama yang ada di Indonesia. Tak lama setelah ke dua Internet Service Provider (ISP) itu ada RadNet pun muncul.

Mailing List (Milis)

Pada tahu 1987-1988-an, sejumlah mahasiswa Indonesia yang ada di Amerika Serikat, membuat mailing list pertama yaitu indonesians@janus.berkeley.edu. Melaui fasilitas mailing list ini, dengan fasilitas mailing list ini akhirnya terbentuklah Komunitas Pelajar dan Mahasiswa Indonesia yang berada di luar negeri.
Pada tahun 1995-1997, Alumni ITB menyumbang 2 buah komputer (PC) Pentium II di ITB, ini menjadi awal pembentukan komunitas Dunia Maya yang menggunakan fasilitas milis Indonesia, sehingga jumlah mailing list di Indonesia mencapai angka ratusan.
TelkomNet akhirnya membuat plasagroups.com, merupakan server yang dapat menampung forum-forum tersebut dan bisa digunakan secara gratis. Dan ini juga menjadi salah satu cara untuk menghemat trafik bandwitg keluar negeri karane telah menggunakan server yang ada di dalam negeri.

Warung Internet (Warnet)

Pada tahun 1995, ISP swasta PT BoNet Utama memdirikan warnet di samping kantornya, warnet tersebut dibuat untuk para turis-turis yang berkunjung ke Kebun Raya Bogor. Kemudian, pada tahun 1997-1998, mulailah bermunculan toko-toko yang menyediakan komputer yang disewakan untuk mengakses internet. Istilah kerennya warnet, kemudian dipakai dan berkembang di antara para pengguna internet di Indonesia pada masa itu.
Keberadaan warnet ini sangat berpengaruh untuk memperkenalkan internet ke masyarakat Indonesia. Semakin hari semakin banyak warnet yang didirikan di kota-kota, hal ini membuktikan bahwa apresiasi masyarakat Indonesia terhadap internet semakin tinggi. Sampai akhirnya internet tidak hanya dinikmati oleh akademisi atau level perusahaan saja, tetapi semakin merata ke lapisan masyarakat indonesia.
Nah, itulah penjelasan singkat saya menyenai Sejerah Internet Indonesia, Semoga dengan adanya artikel Sejerah Internet Indonesia ini bisa bermanfaat untuk kita semua terutama buat adik-adik pelajar yang masih awam dengan dunia internet/maya. Terima Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar